KBKM (KEMAH BUDAYA, KAUM MUDA) 2021, TOTAL HADIAH 724.000.000

Nah, Kemah Budaya Kaum Muda ini merupakan tempat untuk mempertemukan ide-ide Sahabat Muda dari berbagai daerah. Kini, di tahun 2020, Kemah Budaya Kaum Muda hadir kembali! Tujuan KBKM adalah meningkatkan peran kaum muda dalam pemajuan kebudayaan. Nah, kami percaya kalianlah kaum muda Avant Garde yang dapat menciptakan pemajuan kebudayaan!

KBKM 2021 ini beda, karena fokusnya bergeser ke arah desa. Inisiatif yang dicari juga adalah inisiatif yang betul-betul menerapkan STEAM (secara keseluruhan) dan aspek-aspek Revolusi Industri 4.0. Jadi, teman-teman akan diminta untuk mencari masalah yang dihadapi desa untuk dipecahkan melalui pendekatan STEAM atau Revolusi Industri 4.0.

Misalnya, ada desa yang sistem pembukuannya masih manual, ini adalah peluang untuk menciptakan sistem pembukuan terpadu atau fulfilment software untuk masalah rantai suplai dari dan menuju desa. Mungkin kalian bisa melihat potensi energi baru dari sebuah desa yang memiliki banyak angin, jadi kalian bisa membangun “taman angin” sebagai pembangkit listrik atau batere ringkas yang bisa dipakai untuk membantu kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Intinya, banyak ide-ide liar dan nakal yang bisa kalian wujudkan di desa-desa yang ada di Indonesia melalui KBKM 2021.

Mengapa Perlu Ikut KBKM 2021?

Ada banyak alasan mengapa kalian harus ikut KBKM, beberapa di antaranya:

  1. Kalian bisa memenangkan hadiah total ratusan juta rupiah.
  2. Kesempatan untuk mewujudkan ide kreatif dan imajinatif jadi bentuk yang lebih konkret.
  3. Potensi membangun desa berbasis kebudayaan.
  4. Kalian bisa bertemu dengan wakil perusahaan-perusahaan yang menjadi stakeholder untuk melihat karya kalian.
  5. Kesempatan berjejaring dan mempersiapkan masa depan kerja profesional dengan bertemu teman dan user.

Jika ide kalian lolos, Sahabat Muda akan dikumpulkan dalam ajang tarung ide di Kemah Budaya Kaum Muda Regional. Kemah Budaya Kaum Muda Regional ini akan diadakan di 11 daerah. Setiap daerah akan dipilih 1 pemenang untuk masing-masing kategori yang berhak melaju ke Kemah Budaya Kaum Muda Nasional.

Kemah Budaya Kaum Muda Regional mau pun Nasional, dengan suasana yang hangat, kalian dapat saling bertukar gagasan dengan tutor. Proposal akan dipertajam menjadi sebuah business canvas dan perincian proposal model.